Senin, 30 Mei 2016

drama telah usai

alhamdulillah... segala puji kehadiratmu duhai Rabbi,  persembahan terakhir kelasku telah selesai. drama kisah Qorun itu telah terlaksana. hampir tiga pekan kami berlatih. dua kali tiap pekannya.

sempat merasa khawatir akan kelancaran drama ini. maklumlah,  sekolahku padat aktivitas. selesai satu kegiatan berlanjut kegiatan lainnya. jujur,  konsentrasiku pecah,  pikiranku penat dan limbikku bermain. untunglah Allah selalu kasih jalan agar hati tetap tenang.

pentas dramaku bertepatan dengan day camp anak-anak TK,  jadilah kamis dan jum'at kami bermalam di sekolah. kesempatan bermalam itu aku manfaatkan untuk membuat dekorasi drama bersama partnerku. alhamdulillah,  jum'at pukul 02.00 semua beres. bismillah... semoga anak-anak bisa tampil optimal nanti.
dekorasi panggung

subuh hari aku sudah mulai berjibaku bersama partner. merapihkan dan membersihkan kelas,  memasang dekorasi dan menata souvenir. pertunjukkan akan dimulai beberapa jam lagi. rasa itu semakin bertambah,  degup jantungku semakin kencang. pertanda sang jantung bekerja memompa darah lebih cepat.

satu per satu anak-anakku datang, mereka terkejut dengan dekorasi kelas. ada binar di mata mereka. Rabbi.... bahagia itu ada di sini. ketika menatap binar mata pada wajah polos mereka.

setelah jam Qur'an,  kami berlatih untuk yang terakhir. lengkap dengan latar,  kostum dan backsound. anak-anak terlihat mulai gugup. akupun demikian,  namun ku tak boleh tunjukkan rasa itu. ku regulasi emosiku. setelah ku merasa tenang,  ku regulasi anak-anakku. ku yakinkan pada mereka bahwa semua akan berjalan lancar dan mereka bisa.

waktu sudah menunjukkan pukul 09.00. instrumen musik dari Yiruma sudah terdengar. satu per satu penonton memenuhi kelasku. drama dimulai. anak-anakku mulai berlakon.
para pemeran drama

terdengar riuh rendah suara penonton, tepukan tangan serta tawa yang renyah. semoga mereka tampil optimal. bisik kalbuku.

waktu berjalan. 30 menit berlalu. mereka mulai membawakan lagu"uang" sebagai penutup. pertunjukkan selesai yang ditandai dengan salam penutup dari mereka.

tepuk tangan penonton membahana. "lagi-lagi" sorak penonton meminta drama dimainkan kembali. alhamdulillah... semua berjalan lancar. ku peluk anak-anakku dan mengucapkan terima kasih kepada mereka.

setelah istirahat,  makan snack dan bermain,  kami menonton bersama rekaman drama itu. kami evaluasi dan refleksi pementasan drama tersebut. alhamdulillah,  anak-anankku dapat mengambil pelajaran banyak dari drama tersebut.

aku tahu perasaanku,  sebenarnya ada rasa sedih dan takut kehilangan karena mereka akan naik kelas dalam hitungan pekan. itu artinya aku harus melepas mereka bersama orang lain. dan drama ini,  pembelajaran terakhir kami. semoga drama ini memberikan kalian pelajaran berharga yang bisa diaplikasikan dalam hidup.

faiza faroghtafansob wa ila rabbikafarghob. selesai satu kegiatan, bersiaplah dengan kegiatan selanjutnya. ayat tersebut selalu menyemangatiku di tengah padat merayapnya agenda sekolah. bersiap untuk agenda selanjutnya,  tarhib ramadhan,  UKK,  fun week,  wadah rapot,  rapotan dan mengisi Ramadhan tentunya. bismillah... semoga Allah memudahkan, aamiin

0 comments: