Minggu, 24 Juli 2016

Syawal yang berkesan

bismillahirrohmanirrohiim

pertengahan Syawal yang mengesankan

hari ini aku merasa bahagia sekali. kembali menemukan ia yang hilang. kembali merasakan pelukan yang melayang. kembali mendapati senyum tulus mengembang.

mungkin bukan ia yang hilang. mungkin bukan pelukannya yang melayang. bisa jadi akulah yang menghilang. akulah yang melayang.

ketika rindu terasa begutu menyakitkan, ketika sapaan terasa memuakkan,  ketika perjumpan merasa meyebalkan. maafkan kawan,  iman ku lah yang sedang compang camping. hati ku lah yang sedang membatu. pikiran inilah yang sedang berburuk sangka.

hari ini,  pelukan itu kembali menambal iman yang compang camping. rindu itu kembali melunakkan hati yang membatu. perjumpaan itu kembali meluruskan syak prasangka.

sahabat,  terimakasih untuk hari spesial ini. terima kasih atas pelukanmu yang meluluh lantahkan ego dan gengsi ku. terimakasih atas senyum tulus mu yang kembali menguatkan ku... terimakasih.... luv u coz Allah maule kusay


puzzle-puzzle Cibi

Kecocokan jiwa memang tak selalu sama rumusnya

Ada dua sungai besar yang bertemu dan bermuara di laut yang satu; itu kesamaan

Ada panas dan dingin bertemu untuk mencapai kehangatan; itu keseimbangan

Ada hujan lebat berjumpa tanah subur, lalu menumbuhkan taman; itu kegenapan

Tapi satu hal tetap sama mereka cocok karena bersama bertasbih memuji Allah seperti segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, ruku’, dan keagunganNya..

(Salim A.Fillah)


merasa puzzle-puzzle Sai Cibinong mulai lengkap... semoga semesta mendukung cita, asa dan impian kita... semangaaat mengukir sejarah..... #totalitastanpabatas

Selasa, 05 Juli 2016

pencerahan dipenghujung Ramadhan

bismillahirahmanirrohiim..

penghujung Ramadhan 1437...

subuh ini hp laris manis,  ada diskusi panas (menurut saya malah debat) ternyata. seorang adik kelas memperdebatkan penggunaan kata kafir yang ditujukan bagi orang-orang bukan muslim, menurutnya kasar dan tidak santun. seharusnya gunakan kata non muslim, bukan kafir. kafir itu bahasa yang kasar dan ga santun,  begitu pendapatnya saya ringkas.

alhamdulillah dapat bahasan menarik dari grup Rohis SMA, berasa kajian subuh via WA di subuh terakhir Ramadhan.
ini dia notulensinya,  semoga bermanfaat.

📌 *Sebutan Kafir atau non Muslim*

Pada ngomongin org kafir ya... 😊
Maaf kalo bicara tentang hukum syar'i harus dengan dalil dan *pemahaman agama yg baik*✅
❌Jangan pakai logika

Harus sesuai nash al quran dan hadits dan penjelasan dari para ulama atau mufasir

Kufur secara bahasa berarti menutupi, sedangkan secara syara' (terminologi) kufur adalah tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, baik dengan mendustakannya atau tidak mendustakannya. Orang yang melakukan kekufuran, tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya disebut kafir.

Tidak boleh menjatuhkan hukm kafir kpd seseorang Muslim, kec telah ada petunjuk yang jelas, terang, & mantap dari Al-Qur'an dan As-Sunnah atas kekufurannya. Maka dalam permasalahan ini tidak cukup hanya dg syubhat dan dzan (persangkaan) saja. Ulama ahlus-sunnah tidak menghukumi pelaku dosa besar dengan kekafiran, tapi menghukuminya sebagai bentuk kefasikan & kurangnya iman apabila bukan dosa syirik dan dia tidak menganggap halal perbuatannya

Dahulu Rasulullah saw. sangat mengingnkan semua orang beriman dan mengikuti petunjuk. Maka Allah Ta'ala mengabarkan bahwa tdk akan beriman kecuali org yang sebelumnya telah Allah tetapkan kebahagiaan baginya dalam suratan takdir. Dan tidak akan sesat kecuali orang yang sebelumnya telah Allah tetapkan kesengsaraan baginya dalam suratan taqdir

Bisa dibuka di QS Yunus 96-96

Artinya:
_Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Tuhanmu, tidaklah akan beriman. (10: 96)_
_Meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih. (10: 97)_

Kalau di tafsir ibnu katsir, Orang kafir ialah orang yang menutupi kebenaran dan menyembunyikannya. Dan Allah telah menetapkan hal itu bagi mereka, baik mereka diberi peringatan maupun tidak. Mereka akan tetap kafir dan tidak mempercayai apa yang Nabi Muhammad bawa kepada mereka.

Kalau non muslim sudah pasti kafir...

Kalau bergaul ke org kafir/ non muslim ya harus baik

Kalau ke org kafir yg memerangi islam wajib kita bersikap keras

❗Bahasa kita sudah banyak yg dikotori dan pengelabuhan...
(Red-Contoh)
-Pelacur di sebut PSK
-Penjara disebut rumah tahanan

Yg jelek2 kudu diperhalus bahasanya... _(Red-bagian dari Ghazwul Fikr)_
Naah ini sudah *keblinger*