Minggu, 08 Juni 2014

Pemimpin ideal menurutku

bismillahirrohmanirrohiim....


Suasana lagi bertambah panas euy, sejak musim kampanye pilpres. masing-masing pendukung saling berlomba menjual pilihannya lewat berbagai keunggulan dan ga banyak juga yang yang menjatuhkan pihak lain, dan yang parahnya fitnah menjadi hal yang biasa demi mempengaruhi konstituen agar tak memilih sang rival. ehm.... saya tak ingin berkampanye hanya ingin menuliskan pemimpin yang menurut saya ideal dan dibutuhkan.

Pemimpin ideal menurutku ada beberapa kriteria:
  1. taat dan selalu merasa diawasi oleh Allah. dengan demikian ia akan berpikir berulang-ulang kali ketika hendak berbuat, kebaikan atau kedzolimankah tindakannya. dengan murokobatulloh pula pemimpin akan amanah dan menyejahterakan.
  2. pemimpin yang Hafidz Qur'an (membaca, mentadaburi, menghafal dan mengamalkan Al-Qur'an), pemimpin yang seperti ini adalah keluarga Allah di bumi. ini salah satu kriteria Rasululloh dalam memilih pemimpin dari para sahabatnya. beliau memilih sahabat dengan hafalan paling banyak dan paling baik. jika kita ikuti sunnah, insya Allah kebaikanlah yang terjadi
  3. pemimpon yang cerdas lagi bijak.. taat, soleh dan hafidz akan semakin lengkap ditambah dengan kecerdasan dan kebijaksanaan. cerdas dalam berkata, cerdas dalam bersikap, cerdas dalam bertindak, cerdas dalam bersiasat, cerdas dalam menjaga amanah. dengan kecerdasan tersebut akan lahir kebijakan yang mengejawantah dan berpihak pada hukum Tuhan. dengan kecerdasan dan kebijakan pula pemimpin bisa meletakkan kekuasaan pada tangannya, bukan hatinya (kek khalid bin walid yang tetap berperang meski jabatannya dicopot oleh Umar bin Khatab, coz baginya Berjihad adalah untuk Tuhannya Umar, bukan untuk Umar, dgn atau tanpa jabatan ia akan tetap berjihad).
  4. pemimpin yang visioner.. dengan ini seorang pemimpin akan mampu berpikir out of the box, mendobrak kebiasaan atau perilaku buruk yang telah membudaya demi kebaikan, kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya. pemimpin visioner juga berani mempertaruhkan jiwa, harta dan nyawanya demi rakyat dan tegaknya kebaikan di bumi, demi mewujudkan rahmatan lil alamin sebagai risalah Sang Nabi. 
Itulah pemimpin yang ideal menurut versiku, pemimpin yang akan melindungi ummat, termasuk ummat agama lain. seperti kepemimpinan era Rasululloh hingga kekhilafahan, semua umat beragama hidup rukun dan damai di bawah naungan Islam, Rahmatan Lil alamin risalah Sang Nabipun tak hanya sekedar kalimat pemanis, namun terwujud dan lestari melalui tindakan konkrit. 

Satu hal yang perlu diingat, pemimpin bukanlah malaikat yang tanpa celah, salah dan khilaf. ianya juga manusia biasa seperti kita, namun seorang pemimpin yang baik adalah seorang manusia yang bisa meminimalisir kesalahan, kekhilafan dan celah yang ia perbuat. atau ia adalah manusia yang diangurahi kadar sensitivitas lebih tinggi, sehingga ketika ia bersalah dan tersalah segera memperbaiki diri dan bertaubat. mungkin saat ini itu belum terlihat dari calon-calon pemimpin kita, sekedar intropeksi diri, mungkin kitalah yang belum pantas dipimpin oleh orang soleh. so... mari pantaskan diri dipimpin oleh orang soleh dengan terlebih dahulu menyolehkan pribadi.

And than.... mari kita memilih dengan bijak, memilih sesuai tuntunan Sang Nabi. mungkin sosok ideal belum kita temui saat ini, namun bukan berarti kita patah arang. mengutip perkataan Umar bin Khatab bahwa orang yang cerdas bukanlah orang yang bisa memilih dan membedakan yang baik diantara yang buruk, namun orang yang cerdas adalah orang yang bisa memilih dan membedakan yang buruk dari yang terburuk. menolak kemudharatan lebih diutamakan dibanding mendatangkan kemanfaatan. mari kita pilih pemimpin yang pro pada agama dan ummat, pemimpin yang mudharatnya lebih sedikit. 
Selamat memilih Indonesia!!!

1 comments:

Anonim mengatakan...

Waaah, subhanallah... :)
Senang berkunjung ke blognya uni Rima ^_^
Postingannya luar biasa uni...
Perlu nih di share kemana2, biar pada tau pemimpin seperti apa yang ideal itu :D Hihi