Sabtu, 10 Mei 2014

berjumpa sahabat lama

bismillahirohmanirrohiim

sore ini ketika pulang UTS aku melihat sahabatku sejak di SMA dari arah berlawanan tengah melintas dengan skuter maticnya, agak surprise juga bertemu dengannya, coz ku pikir dia telah kembali ke negeri nun jauh di jazirah sana mengikuti jejak sang imam. segera ku putar arah pangeranku dan mengejarnya. jadilah menjelang senja kami ngobrol di pinggir jalan ditemani deru deram kendaraan dan polusi yang makin pekat.

ku tanya bagaimana kabar buah hatinya nan kembar sepasang itu, rinduku berjumpa dengan dua bayi mungil itu. apa kabar mereka, masihkah teringat dengan ammahnya yang baru sekali bertatap muka. ada rasa sejuk ketika ku lihat binar mata sahabatku dikala bercerita tentang keluarganya, tentang bisnisnya tentang pendidikannya. semoga berkah Allah selalu membersamai kalian.

obrolanpun makin ngalor ngidul ngetan ngulon, hingga sampailah sebuah kalimat di telingaku, "tinggal ente nih yang belum menikah, jangan kuliah mulu. tingkatan kita-kita sudah di atas kamu" ucapnya kala itu. ada setitik ngilu ketika gendang telingaku berhasil menghantarkan suara tersebut dan kemudian tertangkap oleh saraf otakku. 

sahabat, apakah dengan menikah sudah pasti tingkatan seseorang di atas orang yang belum menikah?? bisa jadi "iya" ketika pernikahan tersebut membuatnya menjadi hamba yang lebih bertakwa, anak yang semakin berbakti dan manusia yang semakin bermanfaat bagi sesama. namun bisa jadi ketika ilmu tentang pernikahan tak dikuasai dan niat yang melenceng ketika menikah justru menjadikan pernikahan menurunkan tingkatan seorang anak Adam.  

mohon maaf saudaraku, bukan ku iri dengan mu, bukan pula ku bersedih karena aku belum menikah karena ku yakin jodoh itu tak ubahnya maut, akan datang di saat yang telah ditetapkan Sang Pemilik hidup tanpa pandang usia, status, pendidikan, suku dan lainnya. menikah adalah sunah dari Sang Nabi, namun bukan berarti suatu kesalahan atau kehinaan jika jodoh belum menyapa ku, menyapa saudara dan saudari kita yang belum menikah. menikah bukanlah ajang menaikkan gengsi, bukanlah ajang perdagangan apalagi ajang pamer kemesraan. menurutku menikah bukan sekedar peristiwa hati, bagiku menikah adalah suatu peristiwa peradaban.  ini bukan sekedar tentang 2 insan yang saling menyukai dan bersepakat kemudian mengucap akad. tetapi bahkan ini merupakan suatu peristiwa peradaban yang mengubah demografi manusia.

menikah belumlah tentu menjamin seorang hamba setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan saudaranya. namun justru bisa jadi ketika hari penghisaban pertanggung jawaban seorang yang telah menikah akan lebih panjang dibanding yang belum menikah. yang pasti mereka akan dipertanyakan bagaimana tanggung jawabnya dalam pernikahan, bagaimana baktinya pada suami, bagaimana kewajibannya pada istri, bagaimana tanggung jawabnya sebagai orangtua dll yang tentu tidak ditanyakan pada seorang yang belum menikah hingga ia berpulang.

aku yakin dengan janji-NYA bahwa setiap hamba diciptakan berpasang-pasangan. sembari menanti waktu itu datang, ijinkanlah aku mengisi hari-hariku dengan akitivitasku belajar, mengajar, berbuat dan berkontribusi. dengan dukunganmu wahai saudariku, ku yakin hari-hari ini berlalu tanpa menjemukan. dengan aneka warna cinta dari keluarga, karib dan guru-guru mungilku, ku yakin hari-hariku menjadi lebih bermakna. dengan doa dari orangtua, saudara-saudara terkasih serta lingkungan tersayang, ku yakin doa itu lebih mustajab. terimakasih atas nasihatmu hari ini duhai kawan, setidaknya aku jadi teringat dan memikirkan hal itu.

untukku, untukmu dan untuk kita semua, baik yang belum maupun sudah menikah, mari kembali kita perbaiki niat menikah agar ianya menjadi sebab naiknya derajat seorang hamba di mata Rabbnya.agar ianya menjadi sebab keberkahan menaungi, sakinah mawaddah warahmah tercipta dan generasi Rabbani terlahir.


4 comments:

Anonim mengatakan...

It's truly a great and helpful piece of info. I am happy that you simply shared this helpful
information with us. Please stay us informed like this.

Thanks for sharing.

Feel free to visit my homepage; histeacher.com - ,

Anonim mengatakan...

Right here is the perfect site for anyone who wishes to understand
this topic. You know so much its almost tough to argue with you (not that I actually will need to…HaHa).
You definitely put a brand new spin on a topic that's been discussed for years.
Great stuff, just great!

my website ... read me ()

Anonim mengatakan...

Appears as if you understand what your talking about.



Here is my homepage :: website promotion; xow.me,

Anonim mengatakan...

What's up, just wanted to tell you, I loved this article.
It was inspiring. Keep on posting!

Feel free to visit my web page - frankesinksuk.com - -