Senin, 30 September 2013

Ada yang bisa ku bantu bu Lima


Bismillahirohmanirrohiim.....

Doa tutup kelas telah dilafalkan, pertanda sekolah hari ini telah usai. Akupun segera mengantarkan anak-anak KB menuju halaman sekolah tempat dimana para penjemput telah menunggu. Najma, yang kini telah TK-A masih asik bermain sembari menunggu Bang Hakim yang kini telah kelas 1 pulang. Ku sempatkan mengobrol dengan bocah mungil yang ngangenin itu. Setelah beberapa lama ngobrol, aku minta izin pada Najma untuk kembali ke kelas merapihkan barang-barang. Najma meminta ikut pada ku. Kamipun berjalan bersama ke kelas KB. Najma asik bermain ayunan di KB sambil bernyanyi ketika aku merapihkan kelas.
berpose sambil menunggu jemputan

“kita main dulu di sini ya bu Lima, bu Lima yang ayunin aku” ucap Najma yang masih belum lurus menyebut namaku.

“okeeeyyyyy, siap bos! Mau berapa kali mainnya?” tanyaku

“yang banyak, aku kangen main ayunan di KB sama bu Lima” jawab Najma membuatku terharu.

Kurang lebih setengah jam kami bermain bersama dan azan Zuhur pun berkumandang. “mainnya udahan yuk Naj, udah azan tuh” pintaku

“owh… iya bu Lima, bu Lima mau sholat ya?” tanyanya kembali

“iya Naj” jawabku singkat sembari membawa barang-barang KB ke kantor.

Melihat banyaknya barang-barang yang ku bawa, Najma segera turun dari kelas dan memakai sepatunya dan bersiap menuju kantor, “ada yang bisa ku bantu bu Lima?” tanyanya membuatku terdiam beberapa saat.

“Masya Allah, baiknya. Najma mau bantu aku?” tanyaku kagum

“ho’oh” jawabnya sambil menganggukkan kepala.

“terima kasih ya solihah, udah bantuin aku, Najma mau bawa apa?” ujarku padanya

“kotak mainan aja deh bu Lima” ucapnya singkat

“baik, terima kasih ya solihah” tambahku yang dibalas oleh senyuman manisnya.

Ketika barang-barang sudah diletakkan pada tempatnya, akupun bertanya pada Najma kenapa tadi ia menawarkan bantuan padaku. “aku kan dulu juga suka bantu bu Lima waktu masih KB, sekalang aku udah TK-A, aku pengen bantuin bu Lima lagi belesin balang-balang KB” jawabnya polos.

Maha Suci Allah yang telah melekatkan pemahaman Najma akan pentingnya peduli dan saling membantu. Semoga Allah lekatkan juga pemahaman itu pada ku, para guru dan seluruh siswa, aamiin.

0 comments: