Minggu, 05 Mei 2013

Aku senyum dan Najma manyun



Pekan pertama saat KB-Rumput  SAI Cibinong memasuki tema Mouth and teeth ku isi dengan bercerita mengenai fungsi mulut. Selain menambah pemahaman dan pengetahuan mereka, juga sebagai pengingat diri dan “guru-guru mungil ku” untuk slalu bersyukur atas nikmat mulut yang diberikan Alloh SWT.
Setelah memperlihatkan gambar mulut, aku segera bercerita tentang fungsi-fungsi mulut pada mereka, yaitu untuk makan, minum, bicara, tilawah, bernyanyi dan bersiul. Aku pun mengulang-ulang fungsi-fungsi mulut tersebut hingga tertanam dalam pemahaman mereka.

KBM pun terus berlanjut hingga matahari semakin tinggi di langit yang cerah. Entah mengapa, karena sesuatu hal tiba-tiba Najma bad mood dan duduk terdiam sambil memajukan mulutnya beberapa centi. Aku pun segera mendekapnya sambil bertanya, “ada apa Naj?” tapi Najma tetap diam dan tak mau bicara meski beberapa kali pertanyaan diulang. 

Aku pun segera berkata: “wah, ternyata fungsi mulut bertambah, apa ya fungsi mulut berikutnya?” dengan cepat Bagir menjawab’ “MANYUN!, manyun untk DeMa (De’ Najma) dan dan senyum untuk Bagir, iya kan bu Rima?”

Aku pun tertawa mendengar jawaban polos Bagir, subhanalloh…. Dengan sedikit stimulus, Bagir sudah bisa menyimpulkan sesuatu menjadi informasi yang berguna. Segera saja aku luruskan “fungsi mulut untuk senyum bukan hanya untuk Bagir, tetapi juga untuk Najma dan aku, Bu Pipin, Bu Dian, Pa Ilham, Kakak-kakak TK-A, TK-B dan semua orang. Fungsi mulut untuk manyun juga bias dilakukan oleh siapapun bukan hanya Najma. Dari dua fungsi mulut itu, Alloh lebih suka melihat senyum daripada manyun. Siapa yang mau disayang Alloh?” jelas ku panjang lebar. “sayaaaaa” dengan sekejap koor mereka berteriak menjawab dan seketika itu pula senyum Najma terukir indah. “Subhanalloh, Najma cantik banget kalau lagi senyum” ucapku yang kemudian membuat Najma senyum makin lebar.hemh.... cerdasnya anak-anak ini

2 comments:

Symphony of Elegy mengatakan...

wah dibalik fungsi mulut yang sekian banyak ada fungsi lainnya yaitu manyun :D

Rima Aulia mengatakan...

Andaka ...
yui, manyun, fungsi lain yang terkadang lupa untuk didefinisikan :)