Jumat, 30 Maret 2012

cerita dibalik hujan


Kukira hujan sudahi rindunya sehari yg lalu..
ternyata malam ini kau deraskan rinaimu dari balik jendela para perindu........

Depok hujan lagi..yey!
Allahumma shayyiban naafi'an…. semoga hujan ini membawa manfaat bagi sluruh makhlukNya



begitu pula pada air yg terbawa angin untuk bumi di sebrang
tapi kini berpindah ke lain hati ahhh,.... 
sisa-sisa dingin ini melamunkan ku pada selimut yg hangat, padahal sang masa terus melaju tanpa henti
Kamarku tak berselimut..hanya ada selembar kain rombeng pas-pasan, kutarik ke tangan kakiku dingin, kutarik k arah kaki..tanganku kedinginan..

hujan tetaplah menderas
agar rindu tak kekeringan
agar rindu tak kedinginan

hujan tak jua meluruh kan rindu ku pada mu, padanya dan pada mereka.
kau tak tau meski kain tebal menyelimuti tubuh tetap saja rasa dingin menusuk tulang
begitu juga rindu itu bebas menghujam hati tak berjeda walau sedetik
aduh..duh..duh... kasihan...
hujan itu bukan pada kedinginan malam
namun dia hanya sebuah rasa di balik kain rombeng yang enggan menutupi diri...
mungkin dia tanpa penyangga, turun dengan izin Penciptanya...
kemudian memudarkan hasrat untuk bercengkrama...
karena dia tau, kita tak terbiasa....
Itu hanya karena kita belum selesai menikmatinya, karena kita belum selesai merindunya

wahai hujan..teruslah dulu menderas
agar tersampaikan rindu hati

Yuhuuuuuuuu aku suka hujan yang continue begini
Memperhatikan titik-titik air berlari dan berkejaran dengan riang dari sudut ruang diamku
Menikmati aroma segar tanah basah dari balik kelam
Semoga hujan terus menggila hingga esok pagi
dan ketidakwarasan ku pun mulai pudar terhapus hujan

Rabu, 28 Maret 2012

Kopdar jilid 2

Bismillah....

Bangun pagi…dini hari
Buru-buru sampai hampir lupa mandi
Ingat janji mau ikutan kopdar
Dengan semangat tinggi…jangan lupa bawa kado

pakaian rapi…temanya ungu putih
jilbapan dengan sepuluh peniti
Menata hati…biar tidak tampak grogi
Terima tantangan dengan PeDe tinggi

Terkejutnya…tiada tara…
Saat bertemu Anna di depan Ramayana
Sekumtum bunganya serba mempesona
peluk hangat ukhuwahnya (yuhu…)..Sungguh luar biasa

Visi kopdaran…mengurai indah Sastra
Misi kopdaran…tawarkan nikmat ukhuwah

indah silaturahim begitu dalam kurasa…
walau baru pertama bertemu
bersyukur aku pada ALLOH yang Esa…
kumpulkan kami dalam Jannah-Mu

Sayangnya…ada …waktu…yang membatasi…
Jujur masih ingin berlama di sini…
Mudahkanlah lagi pertemuan kami…
Dengan niat jalin silaturahim…Percayalah hidup jadi serba indah…

jam 10 malam lewat sedikit aku baru sampe rumah sehabis menimba ilmu di sebuah markas. setelah mengangkat callingan perut yang sedari tadi miscall, tanpa berlama-lama segera menyiapkan koran untuk membungkus kado...yupz...selesai. nyiapin keperluan yang mo di bawa ga terasa dah jam 12 kurang, waktunya sleeping beauty biar besok ga kesiangan dan grabak-grubuk.
sekitar jam8-an aku berkhalawat dengan sang kuda besi kesayangan meluncur ke Ramayana cibinong, tempat janjian sama "sang Qurota'ayun". sempat clingak-clinguk mencari sosoknya, binun euy, rame beud...ga lama setelah sms terkirim, munculan sesosok penampakan cewe anggun dengan kostum yang serupa denganku. walau belum pernah bertemu secara nyata, tapi pelukan nya begitu hangat ku rasa.

setelah keliling pasar mencari pintu utama Kebun Raya Bogor, akhirnya sampe juag, fiuhhhhhh... ada Glen dengan topi kupluknya sedang menanti dengan sabar ditemani Burhan yang disangka pake jaket inter. ga berapa lama kemudian datanglah ka Herdis bersama uni Selvi, disusul Lia. sambil nunggu yang lain sesi phutu2 pun dimulai. beberapa lama kemudian...jeng...jeng...jeng..jeng...jeng... datanglah pasangan romantis abad ini Mulki dan mas Heri disusul ka Yudhi yang clingak-clinguk mencari keberadaan kami setelah perjuangan dan perjalanan jauh Bandung-Bogor ditempuh demi sebuahpesahabatan #salut kelas kakap.ada lagi Harumi yang penuh perjuangan setelah nyasar mencari pintu utama KRB. hampir semua personil datang tinggal teh Bonit yang lagi On the eway tapi ga naik busway.
setelah bayar2 tiket, tepat jam 11.30 (ngaret 2jam setengah) KRB pun bisa kita satroni. berhubung ini hari jum'at, jadi para Ikhwan segera memenuhi kebutuhan ruhani ke mesjid sekitar, sedangkan kami saling kenalan dan crita2 sambil nunggu teh Bonit. ada bahasan menarik disini, ternyata eh ternyata....yang baru aja single bertemu pangerannya di kopdaran, uhuy...ditunggu undangannya yak (lirik uni Selvi dan ka Herdis). setelah jum'atan dan sholat zuhur kopdaran resmi dibuka sama Glen sang kordinator. Dan ga lama kemudian Runa datang. lengkap sudah personil kita. 
gaya Cheribelle permintaan teh Bonit
acara asik binti santai ini terasa hangat, akrab dan ceria. ajang perkenalan lagi sebagai acara pertama dibuka. banyak canda dan ceng-cengan di sesi ini, dan ternyata, subhanalloh mereka orang2 hebat di bidangnya masing2 yang begitu berkarakter. Maha Suci Alloh yang mempertemukan aku dengan mereka dan menyatukan hati-hati kami dalam ukhuwah karena kecintaan kami pada-Mu dan Rasul-Mu. kekalkanlah ikatan ini duhai Rabbi, dan satukan kami dalam jannah-Mu. aamiin...
sesi buka kado
sendal jepit romantis
acara dilanjut dengan tukar kado bagi yang bawa dan foto bersama kado yang didapatnya. yang paling seru itu kado sendal jepit yang romantis untuk Mulki yang sebelahnya dikasih ke mas Heri, uhui...so sweet. rankaian acara terus berlangsung, dan karena waktu yang membatasi akhirnya kopdaran ditutup sementara. ditengah perjalanan ke pintu keluar KRB, aku dan Anna sukses bikin penasaran temen2. lucu ngeliat ekspresi mereka. polos dan penuh tanda tanya, apa lagi ka Yudhi dan Harumi.hingga tulisan ini dibuat pun masih ada yang penasaran dan nanya lewat chat, he... ilmu hitam kita berhasil, Anna #toss
phutu2 sebelum pulang

dil luar gerbang kami sepakat ke rumah mba Dhie yang gagal ikut kopdar karena beliau baru saja melahirkan. sayang Glen,lia, Burhan, Mulki dan suaminya ga bisa ikut cz ada urusan lain. sedangkan yang lain meluncur dengan si "hijau" beroda empat ke rumah mba Die, aku dan Anna menyusuri jalan panjang penuh onak dan duri berdua diatas seekor kuda besi, romantis euy....#halah...
sampe di rumah mba Dhie, sambutannya hangat beud, rame euy. ternyata keluarganya lagi pada ngumpul. setelah basa-basi sebentar, sang bintang kecil "Abdillah Rasyid" diperkenalkan pada kami. lucu euy...unyu2 gitu, jadi pengen punya #loh???
setelah sholat asar, ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon dan menghilangkan lelah sejenak, kami memutuskan untuk pulang lagi-lagi setelah phutu2 dan penyerahan Banner bloof kepada mba Dhie karena bersedia rumahnya dijadikan sekre bloofers. dengan senang hati beliau bersedia menjadi tuan rumah kalo bloofers pada mo ngumpul2 lagi.. #salut euy...
Alhamdulillah, segala puji Bagi Sang pemilik Ikatan indah ini, acara silaturahim bersampul kopdar selesai. semoga Alloh perkenankan kita kembali bertemu dengan personil yang lebih banyak dan ditempat serta waktu yang lebih baik...aamiin
ada selaksa rasa tersemat di hati, merasa punya kakak baru, adik baru, saudara baru. silaturahim memang indah. terimakasih Bloofers, terimakasih atas rasa dan silaturahim yang kalian berikan. semoga silaturahim ini kekal hingga di syurga. aamiin..
di rumah mba Dhie



Diawal kita bersua..
Mencoba untuk saling memahami
Keping keping dihati terajut dgn indah
Rasakan persaudaraan kita

Dan masa silih berganti
Ukhuwah dan amanah tertunaikan
Berpeluh suka dan duka
Kita jalani semua
Semata mata harapkan ridhoNYA

Sahabat tibalah masanya
Bersua pasti ada berpisah
Bila nanti kita jauh berpisah
Jadikan robithoh pengikatnya
Jadikan do'a ekspresi rindu
Semoga kita bersua disyurga..

Kamis, 15 Maret 2012

kenang-kenangan di milad pertamaku

Bismillahirrohmanirrohim......

Alhamdulillah segala puji bagi Alloh Sang Pembuat dan Pewujud segala rencana, yang mengizinkan postingan ini terbit tepat di tanggal 15 maret sesuai hari lahir milad blog hijau setelah sekian lama tersimpan rapi dalam kotak memori dan menunggu-nunggu tibanya tanggal 15. 15 Maret 2011, dengan penuh rasa ingin tau dan penasaran akhirnya ku beranikan diri untuk belajar buat blog pribadi. banyak kesalahan dalam percobaan supaya blog hijau tampil bagus, bermanfaat dan bikin betah setiap pengunjung, mbah gugel pun jadi sasaran pertanyaan ku, syukurlah beliau mau ngajarin, walau terkadang suka ngambek dalam prosesnya.
satu tahun adalah usia yang masih sangat hijau bagi blog ku, kalo diibaratkan manusia, usia satu tahun lagi lucu-lucunya dan belum bisa berbuat banyak dan memberikan kemanfaatan bagi sekitar, begitu juga dengan blog ku. diusianya yang baru satu tahun ini belum banyak yang bisa blog ini berikan bagi agama dan sesama, masih sangat banyak pembelajaran yang harus dilakukan agar bisa semakin baik dari waktu ke waktu. untunglah ALLOH mengizinkan ku bertemu dengan sahabat-sahabat terbaik yang ahli di bidangnya, sehingga blog ini mendapat banyak pencerahan, pembelajaran dan perubahan baik dari segi tampilan, isi maupun jumlah pengunjung :).
dari tampilan yang kurang menarik dan keberatan akhirnya blog ini bermetamorfosa menjadi blog yang lebih ringan, simpel dan sejuk , ini semua berkat bantuan mas Insan yang ditengah kesibukannya masih menyempatkan waktu untuk mempercantik blog hijau. Jazakallohu khoiron katsir atas semua bantuan mas Insan, dan maaf telah merepotkan dan banyak tanya, semoga ilmu yang mas Insan punya semakin ditambah ALLOH dan semakin berkah, semakin banyak celengannya untuk pulang kampung. aamiin.. jangan kapok dan bosen saya bawelin dengan pertanyaan2 ya mas, :).
follower pertama blog ini adalah mas Andy. seneng beud rasanya punya follower setelah sekian lama lahir. blog hijaupun berkunjung balik ke rumahnya mas Andy, subhanalloh...keren euy. beberapa waktu berpetualang, aku nemuin satu kata unik Bloof, apaan ya itu, penasaran euy. Alhamdulillah ketemu, nyoba liat2, ada apa aja sih di bloof, ternyata enak yak, tanpa ragu aku minta gabung sama bloof, alhamdulillah diterima.
dari bloof lah aku bisa bertemu orang-orang hebat, cerdas, lucu, kocak tapi tetap santun. Bloof pula yang bikin aku kenal sama mas insan yang bikin blog ini lebih menarik. dari Bloof pula aku menemukan banyak blog-blog keren yang kaya ilmu yang semakin nambah wawasan dan isi blog ini. terima kasih Bloofers, semoga silaturahim kita terus terjaga.
wokey....dimilad perdananya blog ini, saya ingin memberikan kenang-kenangan pada 15 teman-teman yang telah memberikan segala ilmu, pembelajaran dan persahabatannya. kenapa hanya 15, cz ini milad pertama blog ini jatuh tanggal 15 maret, jadi secara simbolis saya berikannya pada 15 teman dibawah ini, tapi hakekatnya walau secara tersirat walau tidak tertulis, kenang-kenangan ini saya hadiahkan pada semua sahabat2 blog ku.  semoga para penerima berkenan menerimanya ^_^...dan inilah saudara-saudara saya yang menerima secara simbolis:
mas Insan Rabbani: yang memetamorfosis blog hijau dan  tempat ku bertanya dan belajar berbagai hal
mas Andy: follower pertama blog ini
ka Dia dan bang Aul sang founding father Bloof, yang mempertemukan ku dengan orang2 hebat
uthe maruthe sang ratu donat yang selalu hadirkan senyum dan keceriaan lewat sms, telepon, chating atau komen2nya
Mulki pemilik blog orange yang unik, keren lucu walau sering gombal
teh Bonit ibu muda yang energik, dan sosok teteh yang belum pernah saya temukan, walaupun belum lama kenal, tapi berada bersamanya tuh seru dan nyaman banget
Uni Selvi sosok kakak ceria yang ku kenal, tapi kenapa yak akhir2 ini kok uni beda, semoga kenang2an dari ku untuk uni bisa membantu dan menghibur uni, kangen sama candaan dan keceriaan uni
M. Farid: blog ilmu tempat saya belajar
ka Inuy sahabat hebat, tegar dan lucu.. kolaborasinya dengan uthe mengsailkan rumus ciyeehh yang mewabah cukup mewabah di Bloof
Aisa sang nona pemilik blog kukang yang kaya informasi
Zahid blog asik tempat belajar
ka Achi rangkaian kata yang kata yang jujur, apaadanya buat saya betah bertamu disini
om Ridwan: fiksi-fiksinya begitu nyata dibaca, berasa bener-bener ada disituasi itu..fantastis...
emje suka dengan isi blog nya, penyampaian informasi yang jelas dan apa adanya, tapi tetap meninggalkan hikmah, memang tinta lebih berharga yak ^_^


wokey sahabat-sahabatku, semoga kalian berkenan menerimanya. teruslah berkarya dan berbagi. semoga ALLOH merahmati dan memberkahi kalian selalu. Fii amanillah ya ikhwah fillah

Rabu, 14 Maret 2012

kopdaran perdana quw....

Bismillahirrohmanirrohiim......

“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah silaturrahim.” 

dan silaturahim yang lagi trend saat ini adalah kopdar. kopdar....kopdar...kopdar.... belakangan kata itu terlalu akrab dengan diriku. penasaran kek apa sih kopdar itu, apa kek makan kopi dengan minum telur dadar,( upz... saking semangatnya mpe kebulak) atau kek mengunyah permen n*n2 yang rame rasanya, atau kek naik histeria berkali-kali, entahlah. yang jelas saya penasaran dengan kopdar, apalagi kalo liat aplod poto2 kopdaran Bllofer dari Makasar, Bandung, Medan, Kuningan, ehm...kota mana lagi yak #nyobanginget.com. tambah mupeng ma nyang namanya kopdar. alhamdulillah kesampean. begini kronologinya, cekidot!!

siang itu ada sebuah pesan yang saya terima dari ka Yudhi nyang ngajakin kopdaran Bloofers Jabodetabek mumpung beliau lagi bertamasya ke deket RS persahabatan, tapi kopdarannya sebelum jumat ini. wew....mendadak sangat, temen2 yang laen bisa ga yak berhubung semua pada punya kesibukan seabrek dengan rentang waktu dan jadwal yang ga sama, ehm....#mikir kelas kakap
yo wes lah, besoknya usulan ka yudhi saya sampaikan ke forum aja, biar teman2 langsung menyampaikan pendapatnya. bener dugaan ku, banyak Bloofers yang ga bisa, cz terlalu mendadak dan hari kerja pula, dah gitu jarak yang berbeda jadi hambatan untuk kopdar dadakan ini..3binun, jadinya gimananih???
nasyid "TEKAD" dari hape mungil q bernyanyi, ternyata si teteh Bonit yang telepon, beliau mengkrucutkan pendapat teman2 pada satu keputusan, "yak kopdarannya jadi kamis ini bis magrib di Cibubur Junction" dengan tegas teh Bonit memastikan. Alhamdulillah, akhirnya ada juga keputusan ini. kopdar, ayem kaming...
maka sejak hari itu (rabu, 7 maret 2012) hari kamis adalah hari yang ku nanti untuk mencicipi kopdar.
kalo lagi menanti sesuatu, waktu berasa berjalan ngesot yak, lama beud ga nyampe2 ma hari kamis. padahal cuma beberapa jam lagi.
begitu selese kelas jam 5 sore, aku berniat langsung cabut, dan siap2 kopdaran, niat tinggalah niat yang tertunda, harus ngetem dulu beberapa waktu di kantor. yups..ada adik yang konsul ujian TA-nya, but, no what-what, mencoba berbagi waktu yang singkat, siapa tau dgn begitu si adik bisa lebih tenang ngadepin sidangnya dan bisa mempresentasikan dengan baik. setelah ga ada yg didiskusiin lagi, aku pamit pulang. sang kuda besi jadi pelampiasan mengejar waktu biar sempet ganti baju kebangsaan..akhirnya jam 6 teng aku baru bisa jalan menuju junction,junctionn ayem kamiiiiiiiiiiiing.... 
weits....lumayan macet. butuh kerja keras untuk bisa nyelip dan ngebut biar begitu magrib dah sampe junction. Alhamdulillah, segala puji bagi ALLOH Sang Pemilik Waktu. rencanaku berjalan, begitu Adzan berkumandang, aku resmi memasuki pintu gerbang yang telah disiapkan dan terbuka lebar untuk q. segera kupilihkan tempat istirahat untuk kuda besi ku, setelah yakin ikatannya kencang dan tak akan kabur, aku pun menitipkan penjagaannya Pada Sang Penjaga Alam semesta. 
sebelum mencari teman2 yang lain, aku pergi ke besment, mencari rumah mungil-NYA sebagai tempat pemenuhan asupan Ruhani dan batin. setelah kebutuhan terpenuhi, aku coba ngecek hape dan ngubungin ka Yudhi, ka Herdis dan Teh bonit,. ternyata mereka ada di mushola yang sama dengan ku. begitu aku keluar mushola, taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, ada seorang memakai kaos bloof sedang bersama temennya nyang make kaos abu2 ungu. pasti itu ka Herdis dan ka Yudhi, begitu nengok kekanan, ada cewe yang senyum manis ke aku, pasti itu teh Bomit. yups, akhirnya ketemu juga.
makan-makan sebelum Rumi datang
kami berempat langsung masuk dan mencari tempat yang asik. setelah turun naik eskalator dan clingak-clinguk nyari tempat asik, akhirnya dapet juga tempat lumayan (daripada lumanyun, :p ) enak untuk kopdaran, di sebuah food court. sambil nunggu Harumi kami pesen makan dan ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon sambil teleconfrence dengan ka Inuy, teh anna, Onne unie. tepat banget makanan habis Rumi baru sampe, yah sudahlah, segelas jus mangga segera disuguhkan demi menghilangkan dahaga perjalanan. 
Rumi datang, makananpun habis
acara kopdar yang cuma berlima ini seru juga loh. ada games berhadiah yang mengasah otak.sayangnya hanya satu games yang berhasil dipecahkan, dan ka herdis pun berhasil menyabet hadiah pulsa Rp10.000 dari teh Bonit. selamat....selamat...
ketekunanan yang membuahkan kemenangan





setelah puas ngerjain satpam, mas2 dan mba2 penjaga toko untuk motoin qt, kopdar JabotedaBAbek, (ada tambahan BA, cz ada bloofers Bandung nyang ikut, *lirik k'Yudhi) selese, (hikz..hikz....) but, walaupun dah selese, ini bukan akhir dari segalanya #apa coba??., yupz, qt sepakat ngusulin "lagi" (cz waktu itu dah sempat da yg usul) kopdar tanggal 23 maret di ruang terbuka dengan acara yang lebih terkonsep dan bisa dihadiri oleh seluruh Bloofers Jabodetabek. semoga acara yang kita rencanakan bisa di Ridhoi ALLOH, dan silaturahim ini dapat terus terjalin bukan hanya di dunia maya, tapi juga dalam realita kehidupan. aamiin...

indahnya silaturahim

Kamis, 01 Maret 2012

ANGKOT KALENG SARDEN

gambar dari sini
Angkot kaleng sarden, yupz…begitulah aku menamai armada angkot di Kota Satria ini, dan keadaan angkot seperti ini hanya ada di Kota yang bergelar Kota Satria ini. Medio 2004 aku dianugrahi sebuah nikmat untuk bisa merasakan kuliah disebuah Universitas Negeri di Kota Purwokerto. Awal kedatangan ku di Kota Satria ini, sejumlah kesan tergambar. Mulai dari rasa kagum terhadap masyarakatnya yang begitu ramah dan jujur, sekalipun pada orang asing dan orang baru yang belum mereka kenal, seperti aku yang sama sekali tidak pernah tau apa dan bagaimana Purwokerto itu, udara yang masih sejuk dan segar, hingga kesan takjub sekaligus aneh pada kondisi angkot yang ada.
Kondisi angkot disini sangat jauh berbeda dari angkot-angkot yang ada di kota Depok, daerah asalku. Hingga akhir 2007, di saat aku meninggalkan kota ini (aku tak tahu apakah keadaan angkot kaleng sarden masih sama hingga tulisan ini dibuat), kondisi angkot masih terawat dan bagus, jam operasional angkot di Purwokerto sangat terbatas, hanya sampai pukul 17.00. Entah lah apa alasannya, mungkin armada yang terbatas atau alasan sosial lain seperti berbagi penumpang pada pengayuh becak, ojek atau taksi. Ada satu hal yang sangat unik dari angkot di kota ini yang belum pernah aku temui sebelumnya, dan itu salah satu alasan mengapa aku menamainya angkot kaleng sarden.
Angkot di purwokerto berwarna orange menyala, dan kondisi angkot yang sangat penuh dan sesak dengan penumpang seperti kemasan sarden yang pernah aku beli dimana setiap kaleng sarden selalu padat terisi penuh. Bukanlah suatu hal yang aneh bila kita menemui suatu angkot yang dilengkapi dengan kursi kayu tambahan yang bisa menambah dua orang penumpang diluar kursi-kursi yang berisikan 6 dan 4 orang penumpang yang letaknya berhadapan. Tapi angkot kaleng sarden meletakkan 6 kursi kayu tambahan (kursi kayu yang sangat pendek, dan jika kita mendudukinya persis seperti posisi berjongkok).
Disinilah letak uniknya. Jika di kota-kota lain kita (atau mungkin hanya aku kali ya, he…) merasa sangat sempit jika tempat duduk yang seharusnya diisi enam atau empat penumpang, dipaksakan berisi tujuh atau lima penumpang meskipun  hanya ditambah oleh satu orang anak kecil, tapi tidak di sini. Masyarakat di Purwokerto sudah terbiasa dengan kondisi penuh sesak dan berjubel dengan penumpang. Hampir 20 orang berada di angkot dalam satu kali operasional dengan posisi 2 orang di kursi depan sebelah kiri supir, 6 orang berada di kursi belakang sopir, 4 orang disbrangnya, 2 orang dibangku kayu tambahan yang biasa ada di angkot-angkot pada umumnya. Tunggu dulu, cerita belum selesai, diantara kusi yang berisi 6 dan 4 orang penumpang (tempat yang biasa kita pakai untuk “meletakkan kaki” dan menaruh barang-barang bawaan) biasa diletakkan 4 bangku jongkokkan serta 2 bangku jongkokkan lagi diletakkan tepat di depan pintu masuk angkot. Kebayangkan gimana penuh, sesak dan sumpeknya tuh angkot. Belum lagi jika penumpang membawa barang yangn berlebih akan semakin menambah sempit keadaan, yang menarik adalah jika penumpang yang duduk paling dalam dan paling belakang, sementara jarak yang dia tempuh tidak terlalu jauh dan saat si penumpang tersebut turun, kondisi angkot seperti puzzle mainan anak-anak. Penumpang di angkot pun “bongkar pasang”, yup dengan kerelaan (atau lebih tepatnya dipaksa rela). Penumpang-penumpang yang lain harus turun untuk memberi jalan keluar pada penumpang yang akan turun dan kembali masuk untuk menempati kursi panasnya masing-masing.
Aku tak tahu mengapa kondisi ini terjadi, entah alasan jumlah armada yang terbatas, setoran yang besar (hingga para sopir menemukan cara kreatif itu) atau berbagai alasan lain. Namun yang pasti kondisi seperti ini sangat tidak layak bagi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang. Muatan yang melampaui batas melebihi kapasitas sangat mungkin mengakibatkan kecelakaan, apalagi jika sang sopir ugal-ugalan dalam mengendarai angkotnya. Hal ini semakin bertambah parah di jam-jam pergi dan pulang sekolah. Terkadang para siswa nekat bergantungan di pintu angkot yang sudah terisi oleh penumpang tambahan, alhasil posisi angkot terkadang miring ke kiri.
Banyak pelajaran dan hikmah serta harapan dari pengalaman ku dengan angkot kaleng sarden. Rasa syukur dan kepuasan tersendiri kini begitu ku rasa saat aku menaiki angkot di Depok, walaupun penuh namun masih lebih nyaman, dan ternyata rasa syukur itu teraplikasikan dengan segala hal lain yang ku terima. Ternyata segala sesuatu itu lebih berharga dan berarti jika kita telah merasakan keterbatasan, selain itu aku belajar untuk tidak mudah mengeluh dengan kondisi yang ada, seperti masyarakat  Purwokerto yang tidak pernah mengeluh dengan sesaknya angkot kaleng sarden, alih-alih mengeluh mereka malah menikmati dan nyaman bercerita dalam angkot itu. Harapan ku pada pemerintah dan petugas terkait (jika kondisi angkot kaleng sarden masih sama seperti yang ku rasa), tolong untuk menambah armada dan lebih memperhatikan kondisi angkot-angkot di Purwokerto dan angkot-angkot di seluruh Indonesia agar keselamatan, kenyamanan dan keamanan masyarakat “konsumen angkot” dapat terjaga