Selasa, 14 Juni 2011

mengapa ALLOH menyebut diri-NYA "NAHNU" (KAMI) ?

Tulisan ini bermula dari sebuah tanya jawab yang terjadi tepat sebelum memasuki bulan Ramadhan tahun lalu. Jadi singkat ceritanya ada yang bertanya kepada saya. Kira-kira begini pertanyaannya : “Kenapa di dalam Qur’an Allah menggunakan kata “nahnu” yang berarti kami? Bukankah Allah itu ahad (satu, tunggal)? Kenapa menggunakan kata ganti (dhomir) jamak (dalam bahasa Arab, nahnu merupakan kata ganti plural yang berarti “kami”)?
Awalnya saya hanya bisa menjawab (dengan sedikit ragu), itu hanya masalah bahasa Arab, mirip dengan kata “antum” (arti : kalian). Walaupun artinya jamak (plural), tetapi sering kita dengar bahwa kata itu digunakan untuk menunjuk kepada seorang. Nah, waktu itu saya ketahui alasannya adalah untuk menghormati lawan bicara. Jadi, jika kita menyebut “antum” kepada seseorang (bukan “ente” atau “anta”), maka itu tandanya orang yang menyapa atau memanggil anda, menghormati anda. Waktu itu saya ragu dengan jawaban saya. Hingga pada akhirnya saya bertanya kepada guru saya nun jauh di Indonesia sana. Kata beliau jawaban saya benar, jika menggunakan analogi demikian. Namun, masih ada rasa kurang puas dalam diri ini. Masih butuh penjelasan yang lebih lengkap lagi mengenai hal ini. Setelah sekian lama mencari akhirnya saya dapatkan juga jawaban yang cukup memuaskan. Berikut jawaban lengkap yang saya dapatkan. Selamat membaca. :)
***
Didalam kitab “Fatawa al Azhar” disebutkan bahwa sesungguhnya Al Qur’an al Karim diturunkan dari sisi Allah swt dengan bahasa arab yang merupakan bahasa Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam dan diturunkan dengan tingkat balaghah dan kefasehan tertinggi.
بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِينٍ
“Dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy Syuara’ : 195)
Dan merupakan suatu kebiasaan dikalangan orang-orang Arab bahwa seorang pembicara mengungkapkan tentang dirinya dengan menggunakan lafazh أنا (saya) dan jika terdapat orang lain bersamanya maka menggunakan lafazh نحن (kami). Sebagaimana lafazh نحن (kami) digunakan si pembicara untuk mengagungkan dirinya sendiri (walaupun hanya sendiri). Pengagungan manusia terhadap dirinya sendiri dikarenakan dirinya memiliki berbagai daya tarik untuk diagungkan.
Bisa jadi hal itu dikarenakan dia memiliki jabatan, reputasi, kedudukan atau nasab lalu dia membicarakan tentang dirinya itu sebagai bentuk keagungan dan kebesaran. Bisa jadi juga untuk memberikan perasaan takut didalam hati orang lain seakan-akan dirinya sebanding dengan beberapa orang bukan dengan hanya satu orang. Bisa jadi seseorang mengungkapkan dirinya dengan lafazh نحن (kami) karena begitu banyak keahliannya seakan-akan beberapa orang ada didalam diri satu orang. Sehingga bentuk plural dan jama’ itu adalah pada pengaruhnya bukan pada si pemberi pengaruh.
Bentuk pengagungan diri pembicara atau orang yang diajak bicara terdapat pula didalam bahasa-bahasa lainnya bukan hanya didalam bahasa arab dan digunakan pula untuk tujuan-tujuan seperti disebutkan diatas.
Apabila Allah swt Tuhan Pemilik Keagungan berfirman :
نَّحْنُ خَلَقْنَاهُمْ وَشَدَدْنَا أَسْرَهُمْ ۖ وَإِذَا شِئْنَا بَدَّلْنَا أَمْثَالَهُمْ تَبْدِيلًا
Kami telah menciptakan mereka dan menguatkan persendian tubuh mereka, apabila Kami menghendaki, Kami sungguh-sungguh mengganti (mereka) dengan orang-orang yang serupa dengan mereka.” (QS. Al Insan : 28)
Posisi Allah di situ sebagai pemberi karunia kepada semua makhluk, pemberi nikmat, memberikan perasaan takut dan membuat lari orang-orang kafir sesuai dengan kata ganti pengagungan terhadap diri-Nya yang memberikan makna kuat dan gagah.
Dan apabila Allah berfirman :
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al Hijr : 9)
Posisi di situ sebagai pemilik kemampuan yang mampu memberikan ketenangan berupa pemeliharaan Allah terhadap Al Qur’an yang telah diturunkan dengan kekuasaan dan hikmah-Nya. Dan apabila Allah berfirman :
إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ
“Sesungguhnya Kami menolong Rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat)” (QS. Ghafir : 51)
Didalamnya terdapat dua ketenangan berupa pemeliharaan Allah terhadap Rasul-Rasul-Nya dan memenangkan mereka atas musuh-musuh mereka seakan-akan berbagai pemeliharaan dengan sarana-sarana yang bermacam-macam.
Saya —Syeikh Athiyah Saqar (mufti Al-Azhar)— mengatakan bahwa saya yakin ketika seorang mukmin membaca al Qur’an dan didalamnya terdapat bentuk pengagungan untuk Allah maka tidak ada didalam dirinya keraguan terhadap keesaan Allah swt bahwa Dia lah Pemilik segala kebesaran dan keagungan dan selain-Nya tidak mungkin memiliki kemampuan dan pemberian nikmat yang bisa memalingkan manusia dari menyembah-Nya saja.
Wallahu A’lam
copas dari :http://ruangmuslim.com/kajian-tematik/4330-mengapa-allah-menyebut-diri-nya-qnahnuq-kami.html

0 comments: